Senin, 11 Januari 2010

WEWE GOMBEL

Dalam bahasa jawa Wewe gombel berarti roh jahat ynag suka mencuri anak-anak. Tetapi dikatakan bahwa Wewe gombel hanya mencuri anak-anak yang ditelantarkan oleh orang tuanya. Wewe gombel akan menakut-nakutin orang tua si anak karena perlakuannya terhadap anak tersebut. Setelah mereka sadar maka wewe gombel akan mengembalikan anak mereka.

Menurut desas-desus yang beredar Wewe gombel berasal dari roh seorang wanita yang bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya sendiri. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila.
disebut Wewe gombel karena kejadian ini terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.
Syarat mencari orang yang diculik wewe gombel adalah dengan cara membawa peralatan dapur, bisa wajan, ember, piring, gelas, mangkok dan lain-lainnya. Peralatan itu dipukul seiring dalam pencarian korban. Menurut cerita, wewe gombel sangat takut mendengar bunyi-bunyian dari peralatan dapur, kemudian wewe gombel akan lari menjauh dari suara itu.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Link manager

feedjit